Dampak Pasca Banjir Akibat Hujan Lebat

Kabar Desa Lingkungan Seputar Berita

Cikawungading ( 06/11/2018) – Seperti banyak beredar kabar duka di daerah Tasikmalaya Selatan Khususnya Cipatujah, Di Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya sama seperti desa lain di Cipatujah terkenan dampak pasca bencana banjir akibat hujan deras yang mengguyur daerah kami sejak Minggu malam ( 04/11/2018) sampai hari ini selasa (06/11/2018).

Kondisi Jembatan Gantung Pasca Banjir Akibat Hujan Lebat

Salah satu dampak dari bencana banjir tersebut adalah rusaknya Jembatan Gantung yang menghubungkan dua Dusun, yaitu antara Dusun Sukasari dan Dusun Buniayu. Jembatan dengan Panjang 52 Meter dan lebar 1,5 meter ini setiap harinya banyak dilalui warga sebagai jalan alternatif menuju daerah pantai selatan yang ada di desa cikawungading. Kini jembatan tersebut kondisinya rusak dan tidak bisa di lalui baik oleh kendaraan maupun warga masyarakat, namun masih beruntung kerusakannya tidak begitu parah dan masih bisa di perbaiki.

Kepala Dusun Buniayu Bpk. Jaja Sanjaya mengatakan dirinya bersama warga masyarakat akan berusaha memperbaiki jembatan tersebut dengan mengganti papan yang hanyut terbawa air, karena jembatan tersebut sangat diperlukan oleh warga masyarakat yang hendak melakukan aktivitas rutinnya.

Selain jembatan banjir juga membawa lumpur ke jalan coran menuju Dusun Buniayu tersebut, sehingga jalan yang tadinya mudah dilalui sekarang warga kesulitan melaluinya karena tertutup lumpur yang terbawa air.

Kondisi Jalan Dusun Buniayu Pasca Banjir Akibat Hujan Lebat

Lumpur juga merendam sebagian rumah warga yang berada di bantalan sungai Cilangla yang pada pagi hari tadi meluap membawa lumpur ke rumah wagra sekitaran sungai cilangla tersebut. Alhamdulilah tidak ada korban jiwa pasca bencana banjir yang terjadi di Desa Cikawungading, hanya saja sarana dan prasarana umum yang rusak akibat bencana banjir tersebut.

Terima Kasih telah berkunjung ke situs resmi Desa Cikawungading Kecamatan Cipatujah. 😉

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan